Picture Password: Fitur Autentikasi Unik Pada Windows 8

 
Microsoft kembali membuat gebrakan dengan meluncurkan sebuah fitur keamanan pada sistem operasi Windows 8 bagi para penggunanya. Microsoft menyuguhkan metode autentikasi unik bagi para penggunanya agar dapat mengakses sistem operasi yang rencananya akan diluncurkan pada pertengahan tahun 2012 tersebut. Fitur keamanan tersebut ialah Picture Password yang memungkinkan pengguna Windows 8 untuk dapat masuk dengan menggunakan sebuah foto sebagai password. Dengan demikian, pengguna tidak perlu repot-repot lagi untuk mengingat rangkaian angka dan abjad alfabetik sebagai password untuk dapat mengakses Windows 8.

Fitur Picture Password menawarkan metode autentikasi berbeda. Banyak pihak awalnya menduga bahwa fitur ini tidak jauh berbeda dengan fitur face recognition yang didukung pada sistem operasi sebelumnya, Windows 7, untuk mengautentikasi pengguna ketika akan mengakses sistem operasi tersebut asalkan perangkat yang menggunakan sistem operasi tersebut (komputer atau laptop) memiliki kamera (webcam) baik eksternal maupun internal. Kenyataannya fitur ini memiliki beberapa perbedaan dengan face recognition. Dengan fitur Picture Password ini, pengguna bahkan tidak memerlukan webcam internal maupun eksternal untuk mendukung autentikasi. Pengguna cukup menentukan sebuah foto unik yang  nantinya akan dijadikan sebagai password. Pada foto tersebut pengguna diminta untuk melakukan kombinasi gerakan dengan menggunakan jari pengguna sendiri pada foto tersebut. Kombinasi gerakan dapat berupa titik, lingkaran, atau garis pada lokasi pada foto yang pengguna pilih. Gerakan-gerakan tersebut direkam berdasarkan lokasi gerakan, arah gerakan, dan gerakan jari untuk kemudian digunakan sebagai autentikasi terhadap validitas akses seseorang terhadap sistem operasi tersebut. Dengan demikian pengguna hanya cukup mengingat lokasi, urutan, dan bentuk gerakan yang pengguna jadikan sebagai  password pada foto tersebut. Berbeda dengan face recognition, metode autentikasi ini tidak bergantung pada intensitas cahaya dari ruangan tempat pengguna mengakses Windows 8. Cukup menarik bukan?
Melalui fitur ini, Microsoft mencoba menawarkan keamanan autentikasi yang lebih baik dan lebih terjamin. Melalui penelitian dan penyempurnaan mengenai metode autentikasi ini, Microsoft percaya telah menghadirkan keamanan sekaligus pengalaman autentikasi yang menyenangkan bagi para penggunanya. Kini pengguna tidak perlu lagi merasa khawatir akan kemungkinan lupa password ataupun potensi kecurian password. Meskipun begitu, Microsoft hanya menjadikan fitur ini sebagai metode autentikasi alternatif ataupun tambahan sehingga apabila anda lupa terhadap gerakan jari, urutan gerakan, dan lokasi gerakan pada foto yang dijadikan autentikasi, anda tetap dapat mengakses Windows 8 dengan memasukkan username dan password seperti biasa.

Fitur ini menjadi solusi bagi para pengguna yang kesulitan untuk mengingat password yang terdiri dari karakter alfanumeri. Fitur ini awalnya ditujukan khusus bagi pengguna perangkat layar sentuh karena menggunakan gerakan jari sebagai metode autentikasi. Akan tetapi, fitur ini tetap dapat digunakan pada perangkat yang tidak menggunakan layar sentuh melalui gerakan perangkat input lainnya seperti mouse sebagai pengganti gerakan jari.
sumber 
 

0 komentar:

Posting Komentar